CONTOH PIDATO BAHASA INGGRIS DENGAN TEMA “BETTER GENERATION BY READING “ DAN TERJEMAHAN INDONESIA

CONTOH PIDATO BAHASA INGGRIS DENGAN TEMA  “BETTER GENERATION BY READING “ DAN TERJEMAHAN INDONESIA .


By : Erma Supriyani

P
astinya kita sudah tidak asing lagi dengan yang nama nya pidato  , pidato sering kita lihat di acara - acara formal dan non formal seperti pidato upacara bendera , memperingati hari - hari nasional maupun keagamaan . Setidaknnya setiap orang tentu nya pernah berpidato untuk menyapaikan suatu informasi kepada khalayak umum.

Pidato adalah kegiatan berbicara di depan banyak orang. Pidato tentunya harus di sampaikan dengan bahasa yang baik dan memuat informasi tentang hal tertentu , gagasan dan terkadang terdapat sebuah nasihat - nasihat kepada pendengarnya.

Pidato memiliki berbagai tujuan antara lain sebagai memberikan informasi , memberi sapaan , mempegaruhi para pendengarnya, menghibur pendengar , meyakinkan pendengar .

Berikut merupakan contoh pidato yang dapat anda gunakan , dengan tema membaca :


Better generation by reading

Assalamualaikum wr.wb

First of all, let ‘s thank   Swt , and do not forget prayer and greetings to the prophet   , for the opportunity given to me today.Stand here,facing you great people,who are willing to take the time for listening me. 

Ladies and gentlemen,

On this occasion I want to deliver a speech about ‘’Better generation by reading”

How are you all? It’s bright today as you know, reading may be something simple, but it is often difficult for everyone to do. Many  people assume that reading is a waste of time and boring activty. But in reality, I am not much different from you who prefer to read messages from sosial media such as whatsapp,line,and playing games for free time.

I hope you can agree with my opinion. I am here to change your mindset and your heart to be a better generation by reading. Why should you start by reading to be a better generationThe answer is very simple, because reading is awindow to the world that we can educate the next  generationI know reading interest in indonesia is very low. Eventhough by reading diligently we can see  the world only  through writing. Many great people in our country and other countries that are successful because they like reading.This is because by reading we wiil  know a lot of infomation. We can add our knowledge about anyting, make us become creative people and increases concentration and not easily fooled by other .Whatever your aspirationsreading diligently makes it easy for you to achieve. I know that to be diligent in reading is not easy,there must be a strong determination from within you. Torealize that being diligent in reading books is important. One way is to take advantage of technological advances with electonic books on your smartphone and try to spare time to read books starting now! Our lives are changed by two things: through the people we love and the books we read. A teacher once told me,that property might be lost but not with the knowledge you have. Reading can change us to be better generation. In that way ,we respect ourselves.

This is enough for my speech. Please apologize for the wrong words in mspeaking .Thank you very much.

Wassalamualaikum.wr.wb




Terjemah dalam bahasa Indonesia :


Generasi yang lebih baik dengan membaca.

Assalamualaikum wr.wb
Pertama-tama mari kita ucapkan terima kasih ﷲ Swt , dan tidak lupa doa dan salam kepada nabi ﷴ ﷺ , atas kesempatan yang diberikan kepada saya hari ini. Berdiri di sini, menghadap Anda orang-orang hebat, yang bersedia meluangkan waktu untuk mendengarkan saya .
Wanita dan pria,
Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan pidato tentang ''Better generation by reading”
Bagaimana kabarmu semua? Cerahnya hari ini seperti yang Anda tahu, membaca mungkin sesuatu yang sederhana, tetapi seringkali sulit dilakukan oleh semua orang. Banyak orang beranggapan bahwa membaca adalah kegiatan yang membuang-buang waktu dan membosankan. Namun kenyataannya, saya tidak jauh berbeda dengan Anda yang lebih suka membaca pesan dari media sosial seperti whatsapp, line, dan bermain game untuk mengisi waktu luang.
Saya harap Anda bisa setuju dengan pendapat saya. Saya di sini untuk mengubah pola pikir dan hati Anda menjadi generasi yang lebih baik dengan membaca. Mengapa Anda harus memulai dengan membaca untuk menjadi generasi yang lebih baik? Jawabannya sangat sederhana, karena membaca adalah jendela dunia yang bisa kita didik generasi selanjutnya. Saya tahu minat baca di Indonesia sangat rendah. Padahal dengan rajin membaca kita bisa melihat dunia hanya melalui tulisan. Banyak orang hebat di negara kita dan negara lain yang sukses karena gemar membaca. Hal ini karena dengan membaca kita akan mengetahui banyak informasi. Kita bisa menambah ilmu kita tentang apapun, membuat kita menjadi orang yang kreatif dan meningkatkan konsentrasi serta tidak mudah dikelabui oleh orang lain. Apa pun cita-cita Anda, membaca dengan rajin membuat Anda mudah mencapainya. Saya tahu untuk rajin membaca itu tidak mudah, harus ada tekad yang kuat dari dalam diri anda. Menyadari bahwa rajin membaca buku itu penting. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dengan buku elektronik di smartphone Anda dan coba luangkan waktu untuk membaca buku mulai dari sekarang! Hidup kita diubah oleh dua hal: melalui orang yang kita cintai dan buku yang kita baca. Seorang guru pernah berkata kepada saya,bahwa harta bisa saja hilang tapi tidak dengan ilmu yang dimiliki. Membaca dapat mengubah kita menjadi generasi yang lebih baik. Dengan begitu, kita menghargai diri kita sendiri.
Ini cukup untuk pidato saya. Mohon maaf atas kata-kata yang salah dalam pembicaraan saya. Terima kasih banyak.Wassalamualaikum.wr.wb


Semoga pidato tersebut dapat membatu menjadi referensi para sahabat all by love untuk membuat pidato dengan tema membaca lebih baik.

Jangan lupa komen ! Terimakasih.


Komentar

Postingan Populer