Cara percaya diri berbicara di depan umum atau public speaking



Cara percaya diri berbicara di depan umum atau public speaking”


By Diyanah Wulandari (0202000081)


1. Berlatih menyampaikan pendapat

Terkhusus kamu yang pendiam, kamu bisa mulai mencoba menyampaikan pendapat pada teman dekatmu. Setelah itu, pada kelompok kecil, lama-kelamaan ketika kamu sudah mulai banyak berbicara, kamu juga akan terbiasa. Hal ini akan membantumu saat berbicara di depan banyak orang.


2. Latihan

Sebelum tampil di hadapan banyak orang, banyak-banyaklah berlatih. Entah berlatih di hadapan teman, atau di depan kaca.

Ketika kamu berbicara di depan kaca, awalnya terasa konyol dan aneh, tetapi dari sana kamu bisa melihat pantulan diri sendiri. Kamu jadi akan tahu bahasa tubuh seperti apa yang perlu kamu perbaiki.


3. Memahami hal yang ingin disampaikan 

Sebelum berbicara di depan umum, kamu perlu tahu apa yang akan kamu sampaikan. Kamu bisa mencoba berimprovisasi.

Buat audience atau penonton masuk pada hal apa yang kamu katakan, misalnya dengan memberikan contoh yang banyak dialami oleh penonton.


4. Lawan rasa malu

Kunci percaya diri adalah melawan rasa malu. Kamu bisa mencoba melawan rasa malu dengan menganggap bahwa audience itu tidak ada. Anggap saja sedang berbicara sendiri.

Jika sudah terbiasa, rasa malumu pun akan berkurang dan rasa percaya dirimu akan meningkatkan dengan sendirinya.


5. Tampil dengan pakaian yang cocok

Saat kamu berada di depan umum, yang pertama orang-orang perhatian adalah pakaianmu. Kamu tidak perlu menggunakan pakaian bermerek supaya mencuri perhatian penonton.

Kamu hanya perlu berpenampilan sesuai dengan apa yang akan kamu sampaikan. Pastikan kamu berpakaian rapi dan bersih, ya!


6. Lakukan kontak mata dengan penonton

Melihat mata penonton menandakan kamu percaya diri. Penonton juga akan merasa dihargai dan dilibatkan dalam percakapan yang kamu sampaikan. Jika belum terbiasa, kamu bisa beberapa kali melakukan kontak mata dengan penonton, sisanya kamu bisa menatap ke belakang penonton yang tidak ada orang.

Ingatlah, jangan terlalu sering menunduk, karena itu seakan memberi tahukan bahwa kamu kurang percaya diri. Alhasil, audience akan kehilangan fokus pada apa yang kamu katakan ketika kamu selalu menunduk.


7. Jauhkan perasaan takut salah bicara

Perasaan takut memang biasa dialami sebelum berbicara di depan umum, tetapi kamu jangan sampai terlena dengan rasa takut itu. Karena masih belajar, jangan takut salah.

Jika kamu salah berbicara, anggap itu sebagai pelajaran untuk memperbaiki diri. Jangan sampai karena satu kesalahan, kamu jadi tidak mau lagi berbicara di depan umum.


8. Jangan berbicara terlalu cepat

Sebelum berbicara, aturlah pernapasanmu. Jangan sampai berbicara terlalu cepat akibat gugup berlebihan dan ingin segera mengakhiri pembicaraanmu di depan umum. Bicaralah perlahan supaya apa yang kamu sampaikan terdengar jelas oleh penonton.

Usahakanlah sebelum bicara kamu merasa tenang. Rasakanlah sensasi berada di hadapan banyak orang, sambil melakukan relaksasi. Setelah merasa tenang, barulah kamu berbicara.


9. Melakukan interaksi jika dibutuhkan

Pancing fokus audience dengan meminta persetujuan dari pendapat yang kamu sampaikan, atau bahkan dengan memberikan pertanyaan. Hal itu dapat membuatmu lebih percaya diri.

Karena pada saat itu kamu akan merasa dekat dengan penonton. Saat kamu merasa dekat, kamu akan semakin lancar berbicara.


10. Berbicara dengan gaya sendiri

Jadilah diri sendiri saat berada di depan banyak orang. Biarkan orang lain mengenalmu lewat gaya bicara. Hal ini akan membuatmu lebih santai saat berbicara.

Komentar

Postingan Populer